Rabu, 23 September 2009

SBY Akan Jadi Pembicara Pada Pertemuan G-20

Economy - Fiskal & Moneter


SBY Akan Jadi Pembicara Pada Pertemuan G-20

Rabu, 23 September 2009 - 18:38 wib
text TEXT SIZE :
Amirul Hasan - Okezone
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Foto: Abror Rizki)

PENNSYLVANIA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rencananya akan menjadi pembicara utama dalam salah satu rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20. Presiden Obama lah, selaku tuan rumah, yang meminta langsung kepada SBY menjadi lead speaker.

"Untuk diketahui bahwa atas permintaan host Obama, saya diminta menjadi lead spekar pada sesi pembahasan tentang environment climate change," kata SBY saat memberikan arahan di pesawat kepresidenan, Rabu (23/9/2009).

Presiden menambahkan, apa yang akan disampaikannya adalah representasi dari negara-negara ASEAN dan negara-negara berkembang yang harus didengar oleh dunia. Oleh karenanya, SBY akan mempersiapkannya secara matang sehingga apa yang dia sampaikan nanti tepat sasaran.

Indonesia, tambah SBY, dianggap memiliki peran dan kontribusi yang sangat besar dalam mengatasi perubahan iklim. Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah yang sukses dalam penyelenggaraan United Nation Framwork Climate Change Conference (UNFCCC) di Denpasar, Bali tahun lalu.

"Kita juga dianggap memiliki langkah-langkah domestik yang dianggap sebagai negara berkembang cukup oke. Tentu akan kita jelaskn secara kuantitatif dan nyata apa yang sudah dan akan kita lakukan," pungkasnya.

Isu perubahan iklim memang selalu menjadi bagian dari topik pembahasan dalam pertemuan G-20. Di sela-sela pertemuan G20 London, April lalu, Pangeran Cahrles pernah memfasilitasi pertemuan antara negara-negara industri dan negera yang memiliki hutan terbesar di dunia. Tujuannya adalah agar negara industri selaku penghasil karbon dan emisi besar dunia untuk memberikan kompensasi kepada negara yang memiliki hutan besar yang merupakan paru-paru dunia.(ahm)


sumber : http//okezone.com

1 komentar: